Zat Campuran

CAMPURAN

Campuran dapat berupa larutan, suspensi, atau koloid. Perbedaan antara campuran dan senyawa adalah sifat-sifat komponen dalam campuran tidak hilang.

  1. Larutan

Larutan adalah campuran homogen. Suatu campuran dikatakan homogen jika antarkomponennya tidak terdapat bidang batas sehingga tidak terbedakan lagi walaupun menggunakan mikroskop ultra. Selain itu, campuran homogen mempunyai komposisi yang sama pada setiap bagiannya. Komponen larutan tidak dapat dipisahkan melalui penyaringan. Larutan terdiri atas pelarut (solven) dan zat terlarut (solute). Larutan dapat berupa padatan, cairan, dan gas. Contoh larutan adalah campuran gula dan air, campuran gula dengan garam.

  1. Suspensi

Suspensi adalah campuran kasar dan bersifat hiterogen. Antar komponenya masih terdapat bidang batas dan sering kali dapat di bedakan tanpa menggunakan mikroskop. Suspensi tampak keruh dan tidak setabil. Zat tersuspensi lama kelamaan akan terpisah karena gravitasi. Suspensi dapat dipisahkan melalui penyaringan. Contohnya campuran terigu atau kapur dengan air.

  1. Koloid

Koloid adalah suatu bentuk campuran yang keadaanya terletak antara larutan dan suspensi. Secara mikroskopis koloid tampak homogen, tetapi jika diamati dengan mikroskop ultra akan tampak hiterogen. Contohya yaitu santan, air susu, air sabun dan cat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: